1000 Lemang Meriahkan Pesta Panen Kusukan

HaluaNews, Berau–Berbagai tradisi budaya masih mengakar di Kabupaten Berau. Seperti tradisi masyarakat Kampung Tembudan di Kecamatan Batu Putih yang menggelar pesta panen Kusukan, sebagai wujud syukur atas hasil panen pertanian.

Pesta panen Kusukan ini dirayakan masyarakat Kampung Tembudan dengan membakar 1000 lemang yang lokasinya tidak jauh dari balai adat kampung.

Kepala Kampung Tembudan Nur Iman mengatakan, pesta panen ini merupakan adat budaya masyarakat kampung yang sudah berlangsung turun temurun. Yang diikuti seluruh warga dayak yang masuk dalam naungan Kung Kemul, sekaligus masyarakat dari berbagai suku,etnis dan agama.

Tujuannya adalah untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan serta semangat gotong royong dari beragam suku yang ada didalam daerah, dan semoga kegiatan ini dapat dijadikan even tahunan.

Ada beberapa kegiatan yang digelar salah satunya ritual adat, persiapan penanaman padi, pesta seni dan budaya, manjat madu dan teknis menyumpit yang diikuti seluruh masyarakat.

Secara khusus pula Bupati Berau H. Muharram beserta rombongan akan menghadiri acara ini dan melakukan pelantikan pengurus Kung Kemul yang baru.

Komentar

News Feed