Cara Merapatkan Vagina

HaluaNews–Pernah mendengar istilah merapatkan vagina? Tentunya, Anda yang sudah aktif secara seksual akan mengetahuinya. Namun, apakah benar vagina Anda akan benar-benar rapat ketika sudah mengikuti metode tersebut? Daripada berspekulasi, berikut ini fakta secara medis.

Seperti yang Anda tahu, kondisi organ intim kerap menentukan kehidupan seksual seorang wanita secara umum. Beberapa orang berpendapat vagina longgar dapat mengurangi kenikmatan dalam berhubungan seksual. Pendapat inilah yang membuat beberapa wanita melakukan berbagai usaha merapatkannya kembali.

Benarkah Vagina Bisa Menjadi Longgar?

Vagina merupakan saluran yang tersusun atas jaringan elastis yang menyerupai karet. Jaringan tersebut dapat meregang dan menyempit kembali menyesuaikan dengan apa yang melaluinya. Elastisitas tersebut dapat berubah karena beberapa sebab. Salah satu yang tersering adalah riwayat persalinan normal dan usia tua.

Kondisi tersebut umumnya disebut banyak wanita menyebutnya sebagai vagina longgar. Meski demikian, sebenarnya istilah vagina longgar atau vagina kendur tidak sepenuhnya tepat.

Tingkat elastis vagina memang dapat mengalami perubahan setelah melahirkan atau karena usia wanita bertambah. Namun, bukan berarti vagina sepenuhnya kehilangan elastisitas secara permanen.

Anda justru harus merasa khawatir ketika kondisi vagina menimbulkan keluhan seperti hubungan seksual yang kurang memuaskan, baik dari sisi suami maupun istri. Itulah sebabnya banyak wanita berusaha untuk merapatkan vaginanya kembali dengan berbagai cara.1 dari 3 halaman

Adakah Cara untuk Merapatkan Vagina?

Tindakan untuk merapatkan vagina atau yang dikenal dengan vaginoplasti memang bisa saja dilakukan. Namun, prosedur ini biasanya dikerjakan atas indikasi tertentu. Misalnya, cedera di vagina dan perineum (daerah antara lubang dubur dan vagina) akibat komplikasi saat persalinan maupun karena sebab yang lain.

Hal-hal tersebut tak hanya dapat mengganggu kepuasan seksual, tetapi juga menimbulkan gangguan kesehatan lain. Misalnya, gangguan buang air besar dan buang air kecil. Bila sudah terjadi, maka dokter dapat melakukan vaginoplasti untuk menanganinya.

Bila keluhannya adalah vagina yang terasa kendur dan menurunnya kepuasan saat hubungan intim, tindakan operasi tidak serta merta dapat langsung dilakukan. Tindakan vaginoplasti tidak menjamin kepuasan seksual secara otomatis dapat meningkat

Ini karena sejatinya kepuasan seksual dipengaruhi oleh banyak faktor. Misalnya, keadaan emosional, spiritual, tingkat kepercayaan diri seseorang, dan tentunya hubungan interpersonal suami dengan istri.

Kendati demikian, bukan berarti Anda tak dapat berbuat apapun. Anda dapat mengencangkan vagina dengan melatih otot-otot panggul yang menyangga struktur vagina dan organ dalam panggul lainnya.

Cara Mengencangkan Vagina Lagi

Salah satu cara untuk mengencangkan otot panggul yang mengendur adalah dengan melakukan senam kegel. Senam ini sangat sederhana dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Anda harus memulainya dengan mengidentifikasi otot panggul terlebih dahulu.

Cara identifikasinya adalah dengan memberhentikan urine saat Anda sedang membuang air kecil. Bila berhasil, Anda sudah menemukan otot yang benar. Hal ini sebaiknya dilakukan sekali saja dan tidak boleh dilakukan terlalu sering karena dapat menyebabkan infeksi saluran kemih.

Setelah berhasil melakukan identifikasi otot panggul, Anda dapat bersandar di dinding kemudian kencangkan otot dasar panggul tersebut. Tahan kontraksi selama kurang lebih lima detik diikuti dengan relaksasi (dikendurkan) selama lima detik.

Lakukan hal tersebut sebanyak 4-5 kali dan diulang sebanyak tiga kali sehari. Senam kegel dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja saat Anda sedang di rumah atau di kantor. Bila dilakukan dengan rutin, Anda dapat merasakan hasilnya dalam beberapa minggu.

Vagina yang terasa kendur adalah hal wajar dialami wanita terutama setelah melahirkan atau saat usia semakin tua. Tindakan operasi untuk merapatkan vagina harus dilakukan atas indikasi yang tepat dan bukan cara utama dan satu-satunya untuk mengembalikan kekencangan vagina dan meningkatkan kepuasan seksual.

Anda dapat melakukan latihan sederhana, seperti senam kegel untuk mengencangkan otot-otot panggul. Dengan demikian, Anda bisa merapatkan vagina dan mengencangkannya kembali melalui cara alami. Selamat mencoba!

Sumber : www.klikdokter.com

Komentar

News Feed