Ini Penyebab Timbulnya Jerawat pada Pria

HaluaNews–Saat sudah dewasa, dipikir masalah jerawat tak akan muncul lagi. Padahal, jerawat bisa datang kapan saja, di mana saja dan pada siapa saja termasuk pria dewasa. Kemunculan jerawat bisa menjengkelkan, tetapi ini masalah yang sering ditemui. Apa saja penyebab jerawat pada pria?

Dalam dunia medis, jerawat dikenal dengan istilah acne vulgaris. Menurut dr. Nabila Viera Yovita dari KlikDokter, jerawat pada dasarnya adalah peradangan kulit yang mengenai kelenjar sebum dan folikel rambut akibat tersumbatnya pori-pori kulit. Jerawat dapat muncul di mana saja, sepanjang terdapat kelenjar sebum dan folikel rambut.

“Sumbatan pori-pori kulit penyebab jerawat ini dapat disebabkan oleh kotoran, sebum (lemak yang dihasilkan oleh kelenjar lemak kulit), dan bakteri yang menumpuk. Itu semua dapat menyebabkan reaksi radang dan dapat menyebabkan infeksi,” kata dr. Nabila menjelaskan.

Penyebab jerawat pada pria
Mari kenali apa saja yang menjadi penyebab kemunculan (kembali) jerawat pada pria.

1. Masalah hormonal
Seperti pada wanita, jerawat pada pria juga bisa disebabkan oleh masalah hormonal.

“Masalah hormonal bisa menjadi penyebab jerawat juga pada pria. Kalau misalnya hormon dalam tubuh tidak seimbang, akhirnya itu bisa memproduksi banyak minyak. Itulah yang menyebabkan akhirnya pria menjadi berjerawat,” ujar dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter.

2. Kebersihan
“Pria biasanya lebih cuek soal kebersihan wajah dibanding wanita. Kalau wanita, sebelum tidur akan cuci muka. Nah, pria jarang sekali memperhatikan ini. Pada akhirnya, muka yang kotor bisa menyebabkan masalah jerawat,” kata dr. Theresia.

3. Aktivitas pria
Menurut dr. Theresia, biasanya pria punya aktivitas yang lebih berkeringat, entah karena pekerjaan atau aktivitas lainnya seperti naik motor atau kendaraan umum. Karena keringat lebih banyak, lalu dikombinasikan dengan debu dan kebiasaan malas membersihkan wajah, akhirnya pori-pori tertutup, sehingga mengakibatkan pria gampang berjerawat.

Cara mengatasi jerawat dengan bahan alami
Biasanya, ketika berobat ke dokter soal jerawat, dokter akan merekomendasikan antibiotik ataupun pengobatan topikal tertentu. Akan tetapi, ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan, yakni:

Mengoleskan tea tree oil
Menurut studi yang diluncurkan di “Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology”, disebutkan bahwa mengoleskan gel tea tree oil 4 kali sehari terbukti efektif mengurangi derajat keparahan lesi jerawat dan 6 kali lebih efektif untuk mengurangi jerawat dibandingkan plasebo.

Selain itu, tea tree oil juga bisa menjadi alternatif obat jerawat benzoil peroksida yang sering kali menimbulkan keluhan kulit kering, iritasi, dan rasa terbakar. Meski dapat mempercepat penyembuhan jerawat, penggunaan tea tree oil pada beberapa orang juga bisa memicu iritasi dan risiko alergi.

Teh hijau
Berdasarkan penelitian yang dimuat di “Journal of Bioscience and Bioengineering”, teh hijau mengandung flavonoid dan tanin yang dapat mengatasi peradangan dan infeksi bakteri penyebab jerawat.

Sementara itu, teh hijau juga tinggi kandungan antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang dapat mengurangi peradangan, mengurangi produksi minyak di kulit, dan menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes penyebab jerawat.

Gel lidah buaya
Kandungan dalam lidah buaya terdiri atas mineral (zat besi, magnesium, selenium), enzim, dan vitamin (B2, B6, E dan C). Semua kandungan tersebut ternyata berkhasiat sebagai antiperadangan, antijamur, antibakteri, dan membantu proses regenerasi sel.

Menurut sebuah studi, lidah buaya mengandung lupeol, asam salisilat, urea nitrogen, asam sinamat, fenol, dan sulfur yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Untuk sebagian besar orang – baik pria maupun wanita – perubahan hormon dapat memicu tumbuhnya jerawat. Hormon-hormon tersebut memproduksi minyak yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, sehingga membuat bakteri tumbuh.

Selain itu, penyebab jerawat pada pria lainnya adalah karena kurangnya kesadaran atau kedisplinan dalam merawat kulit. Padahal, merawat kulit sama sekali tidak mengurangi cerminan maskulinitas, lho, apalagi produk yang dikhususkan untuk pria sudah banyak sekali. Karenanya, bagi para pria, terutama yang sibuk dan aktif di luar ruangan dan terpapar debu, yuk lebih peduli dengan kebersihan kulit agar bebas dari jerawat!

Sumber : www.klikdokter.com

Komentar

News Feed