Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan

HaluaNews- Kacang hijau merupakan salah satu bahan makanan yang banyak diolah menjadi makanan yang enak sering kita temukan di pasaran. Selain mengenyangkan, kacang hijau juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kacang hijau memiliki kandungan serat cukup tinggi, tetapi mengandung kalori cukup rendah. Salah satu jenis kacang-kacangan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin.

Kacang hijau ternyata juga memiliki kandungan protein, karbohidrat, vitamin, dan nutrisi yang bermanfaat untuk mengobati diabetes. Jenis kacang yang satu ini bisa dikonsumsi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Dalam secangkir kacang hijau yang masih mentah terdapat kandungan 60 kalori, rendah kolestrol, sumber vitamin A, vitamin C, magnesium, tembaga, serta zat besi yang baik bagi tubuh.

Sejak dulu, kacang hijau masih menjadi menu andalan bagi yang menjalani program diet. Biasanya mereka mengolahnya menjadi bubur kacang hijau.

Kacang hijau juga mengandung magnesium yang penting bagi masa pertumbuhan anak-anak. Makanan ini dapat membantu pembentukan sel-sel tulang serta meningkatkan kepadatan tulang, dan zat besi yang membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah anemia.

Lantas apa saja khasiatnya? Berikut adalah manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh yang kerap tidak disadari oleh sebagian orang.

1. Mencerahkan Wajah dan Mengurangi Jerawat

Apakah Anda memiliki keluhan jerawat? Kacang hijau adalah solusinya. Tumbuhan ini dipercaya mampu mencerahkan kulit wajah dan mengurangi jerawat.

Bahkan pengobatan tradisional di China meyakini kacang hijau dapat mendorong produksi kolagen yang akan mempercantik kulit. Kacang hijau mengandung phytoestrogen yang berkhasiat mencegah penuaan. Ini berarti kacang hijau bisa membuat Anda terlihat awet muda.

2. Membersihkan Tubuh dari Racun

Kacang hijau dipercaya mampu detoks atau membersihkan racun di dalam tubuh.

Kacang hijau mengandung protein, tannin dan flavonoid yang efektif untuk membersihkan pestisida dan zat kimia seperti merkuri dan besi dari dalam tubuh.

3. Melancarkan Pencernaan

Masyarakat India banyak mengonsumsi kacang hijau karena dipercaya mampu menambah rasa serta mengurangi nyeri perut. Kacang hijau kaya serat, sehingga akan memmpermudah proses pencernaan dan pembersihan racun dalam tubuh.

Di sisi lain, kandungan Fitonutrien dalam kacang hijau bekerja sebagai anti-pembengkakan serta mampu membantu meningkatkan imun dan menetralkan bakteri dan virus berbahaya dalam sistem pencernaan.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Berdasarkan beberapa hasil penelitian, kacang hijau dapat meningkatkan cholecystokinin, yakni hormon yang dapat membuat seseorang mudah merasa kenyang.

Mengapa demikian? Karena kacang hijau mengandung kadar protein dan serat yang tinggi, tetapi memiliki kandungan kalori cukup rendah.

5. Mencegah Penyakit Jantung dan Kanker

Kacang hijau mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh. Jenis kacang-kacangan yang satu ini mampu memperbaiki pembuluh darah yang rusak, dan mengurangi pembengkakan. Karena itulah kacang hijau dipercaya dapat mencegah penyakit jantung apabila dikonsumsi secara rutin.

Kacang hijau juga dapat mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya dalam tubuh. Alasannya, kacang hijau memiliki kandungan polyphenol dan oligosakarida dengan kadar yang tinggi, yang mampu mengurangi pembengkakan kanker.

Sumber : Bola.com

Komentar

News Feed