MG ZS Lawan Baru Honda HR-V

HaluaNews–Pasar otomotif Tanah Air tampaknya akan semakin ramai. Mengutip dari Oto.com, Morris Garage (MG) kabarnya akan menjajal peruntungannya di Indonesia mulai tahun 2020 mendatang.

Nantinya, pabrikan asal Britania Raya ini masuk ke Indonesia di bawah bendera SAIC Motor. Untuk mengawali karir, rumornya mereka akan menghadirkan lawan baru bagi Honda HR-V, yaitu MG ZS.

Pada ajang Chengdu Motor Show 2019, sebenarnya MG ZS telah mengalami facelift. Desainnya tak berubah banyak, namun dibekali mesin 1.3L turbo dan L2 Autopilot Driving Assistance System.

Hanya saja, MG ZS yang masuk Indonesia kabarnya ialah model lamanya dengan status CBU (sompletely built-up) atau diimpor utuh dari Thailand. Lantas bagaimana spesifikasinya? Berikut ulasannya:

Secara fisik, MG ZS tampil modern berkat LED DRL dan LED projector headlight. Grilnya tampak gagah dengan ukuran yang terbilang besar dan kisi-kisi hitam berbingkai krom.

Geser ke samping, calon pesaing Honda HR-V ini tampak memiliki body-cladding berwarna hitam. Selain itu, terpasang velg 5-spoke dual-tone serta aksen krom di side-skirt dan jendelanya.

Aura modern pun sukses dimunculkan bagian belakangnya. Mobil ini memiliki aksen silver di bumper belakang, tepat di bawah reflektornya. Selain itu terdapat stoplamp minimalis dan roof-spoiler.

Untuk memperkuat kesan SUV, MG ZS dibekali dengan roof-rack di atap dan skid-plate silver pada bagian depan serta belakangnya.

Masuk ke kabin, MG ZS memiliki interior yang dibalut dengan warna hitam. Agar terkesan modern, terdapat beberapa aksen silver di setir, instrumen panel, konsol tengah, dan door-trim.

Beberapa komponennya dibalut dengan kulit sintetis sehingga terkesan lebih mewah, seperti jok, setir, dan door-trim. Selain itu, terdapat panoramic-sunroof yang mebuat kabinnya terasa lebih lega.

Pada bagian tengah dashboard, terpasang head-unit 8 inci yang dapat terhubung ke smartphone melalui Apple CarPlay. Layar tersebut dikawinkan dengan sistem audio dari Yamaha 3D Soundfield.

Di Inggris, head-unit ini juga memiliki sistem i-Smart. Fitur tersebut ialah voice command yang memungkinkan penggunanya mengoperasikan layar MG ZS tanpa perlu menyentuhnya dan hanya melalui perintah suara.

Lantaran bukan versi facelift, diprediksi MG ZS yang masuk ke Indonesia akan mengusung mesin 4-silinder 1.498 cc NA (naturally-aspirated). Konfigurasi itu menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 141 Nm.

Performa tersebut disalurkan ke sepasang roda depannya melalui transmisi otomatis CVT 6-speed. Namun, bisa juga diganti menjadi mode manual dan perindahan giginya dioperasikan melalui paddle-shift.

Berdasarkan situs resmi MG Inggris, MG ZS diklaim memiliki efisiensi bahan bakar 14,7 km/liter. Figur akselerasi 0-100 mobil ini mencapai 10,9 detik dengan kecepatan maksimum 175 km/jam.

Untuk urusan keselamatan, MG ZS memiliki 6 airbag, sistem pengereman ABS+EBD, Emergency Brake Assist (EBA), Electronic Stability Program (ESP) dan Active Cornering Brake Control (CBC).

Sumber : www.otosia.com

Komentar

News Feed