Tidak Mau Kualitas Sperma Turun, Hindari Makanan Ini

HaluaNews–Wanita bukanlah satu-satunya yang berjuang dalam program hamil. Pria juga mesti meningkatkan kualitas sperma agar bisa membuahi tel telur dengan optimal sehingga kehamilan bisa terjadi. Untungnya, ada cara mudah untuk meningkatkan kualitas sperma pria, yakni dengan menjaga pola makan. Karena itu, kaum adam mesti mengetahui apa saja makanan yang bisa menurunkan kualitas sperma dan menghindarinya.

Makanan penyebab kualitas sperma menurun

Menurut dr. Nabila Viera Yovita dari KlikDokter, kesehatan sperma pria ditentukan oleh berbagai hal: mulai dari jumlah, pergerakan, serta strukturnya. Seorang pria dikatakan subur apabila mampu mengeluarkan cairan mengandung semen dengan jumlah sperma 15 juta per milimeter dalam sekali ejakulasi. Kurang dari itu, pembuahan akan sulit terjadi. 

“Seorang pria dianggap subur jika minimal 40 persen dari sperma bergerak mencapai tujuan (sel telur). Untuk menjadi pria dengan kualitas sperma baik, pria memang disarankan untuk menerapkan pola makan seimbang dengan menghindari makanan yang tidak sehat,” tutur dr. Nabila.

Maksud tidak sehat di sini adalah makanan yang bisa menurunkan kualitas sperma. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Daging olahan

Sebagian besar pria sering makan daging bisa meningkatkan kualitas kesehatan dan sperma miliknya. Namun, pola pikir tersebut juga bisa menjebak dan malah memberikan dampak sebaliknya. Pasalnya, jika yang dikonsumsi adalah daging olahan seperti sosis atau ham, itu justru bisa menurunkan kualitas sperma pria.

Faktanya, pria yang sering mengonsumsi makanan cepat saji berisi daging olahan memiliki 25,6 juta sperma lebih sedikit ketimbang pria yang hidup dengan pola makan tinggi sayur dan buah.

Oleh karena itu, jika adalah pria yang hobi makan daging, lebih baik pilih daging merah atau putih yang bersifat alami dan tidak punya banyak kandungan lemak.

2. Gula dan karbohidrat

Mengonsumsi gula terlalu banyak ternyata bisa berdampak buruk untuk kualitas sperma. Ini karena gula yang telah masuk ke dalam tubuh membutuhkan insulin untuk diproses. Makin banyak gula yang dikonsumsi, makin tinggi pula insulin yang diproduksi. Sayangnya, peningkatan insulin yang berlebih sejalan dengan penurunan kadar testosteron—hormon seksual pria. Akibatnya, gairah seks akan menurun drastis dan kualitas sperma juga kurang baik.

Satu hal yang perlu diingat, gula di sini bukan hanya minuman atau makanan yang rasanya manis saja. Karbohidrat seperti pasta, mi atau nasi putih juga termasuk makanan yang bisa berubah menjadi gula dan mampu meningkatkan kadar gula darah dan memicu produksi insulin berlebih.

3. Produk susu tinggi lemak

Susu sapi memang menyehatkan. Namun, jika yang dikonsumsi terus-menerus adalah susu sapi tinggi lemak, itu bisa jadi bumerang bagi para pria. 

Nyatanya, susu tinggi lemak memiliki kandungan estrogen karena berasal dari binatang. Bahkan, sebagian sapi juga disuntik hormon steroid untuk meningkatkan produksi susu. Bila susu sapi tersebut banyak diminum oleh pria, otomatis kualitas sperma juga bisa ikut terpengaruh ke arah negatif. 

Tak cuma susu cair, olahan susu tinggi lemak seperti krim atau keju juga bisa memberikan efek serupa. Karena itu, jika tetap ingin mengonsumsi susu atau produk olahannya, pilihlah produk yang rendah lemak atau tanpa lemak sama sekali. 

Makanan untuk tingkatkan kualitas sperma

Ketimbang mengonsumsi ketiga makanan di atas secara berlebih, akan lebih baik jika Anda memilih kacang-kacangan. Sebab, bahan makanan yang satu ini memiliki kandungan omega-3 serta asam folat yang dapat meningkatkan kualitas sperma pria.

Dikatakan oleh dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, usahakan untuk mengonsumsi kacang minimal 60 gram sehari agar kualitas sperma bisa meningkat dengan optimal.

Tidak bisa konsumsi kacang lantaran punya masalah asam urat? Anda dapat memilih makanan tinggi antioksidan sebagai alternatifnya. Antioksidan bisa didapatkan dari berbagai jenis sayur dan buah-buahan.

Menjaga kualitas sperma adalah modal dasar yang perlu dimiliki oleh pria yang hendak menjadi ayah nantinya. Oleh karena itu, batasi atau hindari sama sekali makanan yang bisa menurunkan kualitas sperma. Konsumsilah makanan yang telah disebutkan dan terapkan gaya hidup sehat agar kualitas sperma bisa meningkat dengan lebih optimal. Jika tetap menemukan kendala terkait kesuburan pria, jangan sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter.

Sumber :

Komentar

News Feed